BENGKALISRELIGI

12 Kabupaten Kota Di Riau, Ternyata Kepulauan Meranti “Kabupaten Termiskin”

×

12 Kabupaten Kota Di Riau, Ternyata Kepulauan Meranti “Kabupaten Termiskin”

Share this article

MERANTI, detik12.com – Ada 12 Kabupaten kota di Riau, ternyata diantaranya Kabupaten Kepulauan Meranti adalah daerah yang termiskin.

Dan diantara wilayah desa tersebut terdapat 33 desa di Kepulauan Meranti itu kondisi daerahnya tergolong miskin ekstrim.

Hal itu diakui Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar. Menurut dia, kondisi ril wilayah Kepulauan Meranti yang ia pimpin terdapat 33 desa katagori miskin ekstrem, diperparah dengan susahnya lapangan pekerjaan.

“Iya, dari 12 kabupaten kota di Riau, kamilah kabupaten termiskin. Berumur baru 14 tahun, saat ini paling bungsu. Terluar, termiskin, tertinggal. Maka, kami fokus pada masalah kemiskinan,” kata Asmar dalam pertemuan dengan Komisi V DPR RI, dirilis dari cakaplah, Sabtu (15/7/2023).

Asmar merincikan, di Kabupaten Meranti terdapat 96 desa dan 5 kelurahan. Diantara 96 desa itu, terdapat 33 desa termasuk dalam kategori miskin ekstrem. “Sebanyak 33 desa kami dalam kondisi miskin ekstrim,” ungkapnya.

Ia kemudian sangat berharap kepada Komisi V DPR yang membidangi infrastruktur dan tenaga kerja untuk memberi perhatian kepada masyarakat Meranti.

Asmar mengatakan, yang sangat diperlukan di desa-desa Meranti adalah lapangan pekerjaan agar masyarakat tak lagi kerja di luar Meranti. “Komisi V dan kementrian tolong bantu kami. Tolong bantu kami pak,” harapnya.

Selain itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti ini mengatakan, bahwa jalan dan pelabuhan dan persoalan abrasi juga perlu dibantu. “Ada 33 desa kami sangat miskin dan 7 desa yang paling ekstrem. Salah satunya Desa Tanjung Bunga,” tukasnya.

“Tolong kami pak, apa yang bisa diluncurkan pusat ke Meranti. Kalau bisa uang iya uang diluncurkan. Yang penting membantu masyarakat Meranti pak,” ungkapnya berharap.**