Ada Pungli di Pelabuhan Pelindo 1, Diduga Pelakunya Oknum Petugas BP2MI Dumai

  • Whatsapp

DUMAI, (DETIK12.com)– Isu adanya dugaan Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan oknum BP2MI di Pelabuhan Pelindo 1 Jalan Datuk Laksamana Kota Dumai mulai heboh dibicara oleh para penumpang yang hendak berpergian keluar negeri.

Dari pantauan Detik12.com dalam beberapa pekan terakhir ini di Pelabuhan Pelindo 1 Kota Dumai isu adanya dugaan Pungli tersebut diduga sudah lama berlansung.

Read More

Bahkan para penumpang kapal tersebut tidak segan-segan menceritakan adanya Pungli yang dilakukan oleh petugas di Pelabuhan Pelindo 1 Kota Dumai tersebut.

“Kami dimintai Rp150 ribu oleh petugas yang berdiri depan, dan kami kurang tau alasannya, katanya paspor yang kami gunakan “BU” (bawah umur). Sebenarnya aneh saja, kami kan melancong, memangnya ada aturan kalau anak kecil nggak boleh melancong? Lagian umur saya 22 tahun,” ujar GK, warga Jambi kepada Detik12.com.

“Tapi yang namanya kita mau berangkat ya terpaksa juga kita bayar, karena paspor kita ditahanya sebelum antrian cop paspor,” tambahnya,

“Kita sempat melihat seragam yang dipakainya ya BP2MI gitu lah tulisannya,” tutup GK.

Dengan adanya dugaan Pungli tersebut menjadi tanda tanya bagi masyarakat, kok masih ada ya Pungli di pelabuhan ini (Pelindo,red).

“Ada-ada saja cara mereka meminta uang kepada kami sebagai penumpang. Ini sangat disayangkan sekali kalau dibiarkan berlama-lama. Kami sebagai masyarakat merasa keberatan dengan adanya pengutipan uang yang tidak jelas. Jangan lah kami masyarakat kecil ini yang menjadi korban,” terang salah seorang warga lain yang ingin berangkat keluar negeri.

Dikatakan juga, kalau Pungli ini tidak cepat dibasmikan, bisa saja lama-lama akan ada lagi uang masyarakat sangat hendak berpergian keluar negeri. Untuk itu, ia berharap kepada pemerintah atau pihak penegak hukum untuk menindak aksi Pungli yang ada di Pelabuhan Pelindo 1 Kota Dumai.

“Kita minta kepada pihak berwenang untuk secepatnya ditindak. Karena kalau dibiarkan bertambah menjadi-jadi Pungli di pelabuhan ini nantinya. Kami sangat terasa dengan adanya Pungli tersebut. Padahal pemerintah sudah sering membicarakan masalah Pungli harus dibasmikan, namun kok masih ada di Pelabuhan Pelindo 1 Dumai ini,” tambahnya dengan nada kesal.

Atas adanya pungli yang dilakukan oknum Yang diduga BP2MI tersebut tim Detik12.com mencoba mengkonfirmasi kepala BP2MI melalui Koordinator Humisar Saktifan F Siregar, dengan tegas ia membantah adanya Pungli yang dilakukan anggotangnya.

“Saya akan selidiki, apakah itu mengatasnamakan petugas BP2MI. Kalau dari kita nggak ada istilah “BU” itu. Terkecuali pekerja pembantu rumah tangga (ART) dan kita tidak minta uang apapun.  Jadi tidak benar adanya Pungli yang dilakukan oleh petugas kami,” terangnya.***

Related posts