DUMAIPENDIDIKAN

AMIK/STIMIK Berganti Nama Menjadi Universitas Dumai

×

AMIK/STIMIK Berganti Nama Menjadi Universitas Dumai

Share this article

DUMAI, Detik12.com – Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK/AMIK) Dumai berganti nama menjadi Universitas Dumai. Universitas ini beralamat di Jalan Utama Karya, Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Peresmian perubahan nama dari AMIK/STIMIK menjadi Universitas Dumai ditandai dengan penandatanganan Prasasti tanda peresmian Universitas Dumai dan pemotongan pita dilanjut pelepasan balon ke udara, Jumat (7/7/2023).

Penandatanganan Prasasti dan pemotongan pita dilakukan oleh Sekdako Dumai bersama unsur Forkopimda Kota Dumai dan Ketua Yayasan Pendidikan Makmur Ridar Dumai (YPMRD), H. Edi Susanto, SE, Akt, MM.

Selain itu peresmian dan penandatanganan Prasasti dan pengguntingan pita tersebut turut dihadiri Pembina Universitas Dumai, Prof Ir H Zainal A Hasibuan MLS, P.h.D, Ketua APTISI Wilayah X B Riau Prof DR H Syafrinaldi, SH, serta Kepala LLDIKTI X Afdalisma SH, M.Pd.

Diketahui, Universitas Dumai merupakan penggabungan Kampus AMIK dan STMIK Dumai, berdasarkan SK Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Dikti) Republik Indonesia, No: 484/E/O/2023, tanggal 6 Juni 2023.

Sekda Kota Dumai, H. Indra Gunawan, mewakili Walikota Dumai, Paisal SKM MARS, atas nama Pemerintah Kota Dumai, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta menyambut baik dengan dibukanya universitas pertama yang ada di Kota Dumai, yakni Universitas Dumai.

Indra Gunawan menjelaskan, dengan berdirinya universitas perdana ini, maka akan menjadi kebanggaan dan kekayaan bagi masyarakat Dumai karena dapat memajukan Kota Dumai dari segi pendidikan dan juga membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Dengan berdirinya Universitas Dumai, tentu ini menjadi magnet baru untuk orang berkunjung dan melirik Kota Dumai. Kami berharap, efek berganda akan selalu menyertai, baik dari segi ekonomi, meningkatnya perhatian dari pemerintah pusat, SDM generasi Idaman akan semakin berkualitas, dan lain sebagainya,” tutur Indra, dilansir dari diskominfo, Sabtu (8/7/2023).

Sementara itu, Pembina Universitas Dumai, Prof. Ir. H. Zainal A. Hasibuan, dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa berdirinya perguruan tinggi merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan masyarakat Dumai khususnya dan Riau pada umumnya, bagi anak-anak tamatan SMA/K sederajat.

“Universitas Dumai miliki tiga Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, dengan Program Studi (Prodi) Manajemen (S1), Fakultas Hukum dengan Prodi Hukum (S1) dan Fakultas Ilmu Komputer dengan empat prodi, yaitu; Sistem Informasi (S1), Teknik Informatika (S1), Rekayasa Perangkat Lunak (S1) dan Manajemen Informatika (D3),” ujarnya.

Sementara,  Ketua YPMRD, H Edi Susanto berharap, Universitas Dumai dapat menjadi Insitusi Pendidikan Tinggi yang berkembang dengan adanya kelanjutan program-program unggulan spesifik dan bergengsi.

“Dalam perkembangannya kami berharap, Universitas Dumai akan berkembang tanpa menutup diri dari perguruan tinggi lainnya, justru berkolaborasi dan menjalin kemitraan yang baik, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berkompetisi ditengah masyarakat Dumai khususnya, Riau umumnya dan nasional bahkan global,” pungkas Edi Susanto.**