Editor’s PickLIFESTYLELINGKUNGANNEWSSPORTUMUM

Asiknya Bermain Gaple (Dom) Permainan ‘Jadul’ yang Masih Diminati Ramai

×

Asiknya Bermain Gaple (Dom) Permainan ‘Jadul’ yang Masih Diminati Ramai

Share this article

Detik12.com-Dumai, Permainan tradisional adalah salah satu bagian dari ragam kebudayaan yang tumbuh di Indonesia. Sebelum gempuran perkembangan teknologi muncul, aneka permainan tradisional sempat mewarnai kehidupan di Indonesia.
Beberapa di antaranya dikenal luas di berbagai daerah, seperti Domino atau dikenal dengan gaple atau DOM.
Setidaknya, menurut peneliti dan ‘doktor’ permainan tradisional Mohamad Zaini Alif, Domino hampir diminati di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Salah satu masyarakat, Sebut saya Buyung, warga Dumai mengatakan “ya main domino ini selain menghilangkan stres, juga meningkatkan silaturrahmi dengan teman teman,” ujar Bapak beranak dua itu.

Permainan Gaple sudah menjadi sebuah permainan yang amat populer dari dulu hingga sekarang dan masih menjadi permainan favorit dari kalangan kelas atas hingga kelas bawah sekalipun. Terutama di Indonesia yang menjadikan permainan Gaple yang paling banyak dimainkan dan diminati oleh para pemain yang ada di Indonesia.

Permainan yang dimainkan untuk mengisi waktu santai yang biasanya juga permainan ini dimainkan oleh orang-orang yang sedang menunggu waktu sengang.

Selain dari itu, permainan dari Gaple ini juga dapat dirasakan oleh seseorang jika dapat merasakan sebuah sensasi main yang asik dan juga cukup menghilangkan stress dalam bermain permainan ini. Dan terdapat hal positif juga dari permainan yang satu ini. Dimana dapat mempererat suatu silaturahmi antar orang lain ketika bermain permainan Gaple ini.

Dalam Sejarah Permainan Gaple

Sejarah dari permainan Domino ini juga mempunyai 2 versi, dari versi pertama menyebutkan bahwa permainan Domino mulai dikenal pada tahun 1120 Masehi. Dan dari versi kedua kalau permainan dari Domino mulai dikenal dan dimainkan sejak tahun 181-234 Masehi. Para sejarawan menyampaikan bahwa dari versi ketiganya adalah. Dari permainan Domino ini sudah dikenal pada masa Keung T’ai Kung pada tahun 1.100 sebelum Masehi.

Akan tetapi ahli sejarah yang berasal dari Cina, ia bernama Chu Sz Yam yang mempercayai versi pertama pada permainan Domino ini. Dia berpendapat jika. Dari permainan ini dibuat oleh seorang pegawai negeri yang akan dipersembahkan kepada Kaisar Hui Tsung pada tahun 1120 Masehi. Dan Hui Tsung menyakini jika sang Kaisar Kao Tsung akan menyebarkan permainan ini ke seluruh dunia. Dan akhirnya permainan ini telah dikenal oleh dunia sejak tahun 1127 sampai 1163 sebelum Masehi.

Penulis : Armen j