DUMAIKESEHATANUMUM

Bersandar Di Pelabuhan Dumai, Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati Gelar Pengobatan Gratis

×

Bersandar Di Pelabuhan Dumai, Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati Gelar Pengobatan Gratis

Share this article

DUMAI, Detik12.com – Kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati milik PDI Perjuangan bersandar di Dermaga Pelabuhan Dumai.

Rumah Sakit Apung tersebut menggelar bakti sosial dan pengobatan gratis untuk masyarakat Kota Dumai digelar hari ini, Ahad (9/7/2023).

Parluhutan Harianja mengatakan, Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati Inisiatif Guna Melayani Masyarakat Kecil dalam aksi sosial.

Rumah sakit apung menurut Luhut Harianja, didedikasikan untuk masyarakat kurang mampu di berbagai daerah, mulai dari Sabang hingga Merauke.

Demikian di Kota Dumai Selama beberapa hari rumah sakit apung akan menggelar Bhakti Sosial dan Pelayanan Berobat Gratis bagi warga yang kurang mampu. Khususnya bagi warga di sekitar Dermaga TPI.

Program ini merupakan inisiatif PDI Perjuangan untuk melayani masyarakat kecil yang sulit mengakses layanan kesehatan karena lokasi tinggal mereka yang terpencil.

Hal tersebut juga dibenarkan Ketua DPC PDIP Kota Dumai, Uber Firdaus kepada media sebagaimana dilansir dumaiposnews.com.

“Selama beberapa hari akan menggelar Bhakti Sosial dan Pelayanan Berobat Gratis bagi warga Kota Dumai yang kurang mampu. Khususnya bagi warga di sekitar Dermaga TPI,” ungkap Uber Firdaus mengakui.

Uber menyebut, DPC PDIP Kota Dumai ditugaskan DPD PDI P Provinsi Riau akan menyiapkan berbagai keperluan untuk mendukung Bhakti Sosial dan Pengobatan Gratis tersebut. Seperti persiapan untuk sandar, ambulans, dan peralatan medis penunjang yang diperlukan.

Sekretaris DPD PDI P Provinsi Riau Kaderismanto mengatakan Kapal Rumah Sakit Malahayati merupakan inovasi dari PDIP.

Kapal tersebut diluncurkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Dermaga Kade Inggom, Tanjung Priok, pada 10 Juni 2023 lalu. Setelah diresmikan langsung berlayar memberikan pelayanan kepada masyarakat. khususnya yang berada di pesisir .

Rumah sakit apung ini didedikasikan untuk masyarakat kurang mampu di berbagai daerah, mulai dari Sabang hingga Merauke. Program ini merupakan inisiatif PDIP untuk melayani masyarakat kecil yang sulit mengakses layanan kesehatan karena lokasi tinggal mereka yang terpencil.

Kapal berwarna merah dengan panjang 30 meter ini dilengkapi ruangan operasi kecil, ruang operasi besar, ruang tunggu, ruang pascaoperasi, apotek, dan ambulans on board di kapal.

Parluhutan Harianja yang merupakan Caleg DPRD Kota Dumai Dapil 2 juga mengungkapkan bahwa Kapal Apung RS Laksamana Malahayati selain menggelar pengobatan gratis juga melakukan aksi sosial dengan menggelar sembako gratis bagi masyarakat Kota Dumai.**