Cegah Barang Ilegal, KSOP, BC dan Pol Airud Gelar Patroli Gabungan

  • Whatsapp

detik12.com-Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) atau dikenal dengan nama Sea and Coast Guard Indonesia bersama satpolairud Polres Dumai dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai melalui Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Dumai menggelar patroli laut wilayah perairan Dumai (riau).

Patroli tersebut dalam upaya menjaga dan mencegah aksi penyelundupan barang yang masuk, pencemaran lingkungan, penertiban administrasi pelayaran dan kegiatan – kegiatan illegal diwilayah perairan Dumai.

Read More

Patroli dipimpin Kasie Penjagaan Patroli dan penyidikan KSOP kelas I Dumai, Fitri Harsoyo . SE.MM kepada detik12 menjelaskan, patroli laut bersama tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 11 Juni  yang difokuskan di wilayah perairan Dumai Riau dengan tujuan mencegah aksi tindak penyelundupan barang, narkoba, miras, rokok dan penyelundupan baby lobster.

“Patroli gabungan untuk patroli laut bersama tersebut telah dilakukan  di Pelabuhan semua pelabuhan tersesus di Dumai malam tadi bersama teman teman dari bea cukai dan airud,” ujar Fitri Harsoyo kepada detik12.

“Adapun Patroli laut tersebut merupakan sarana peningkatan sinergitas tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi dari instansi yang berwenang di laut untuk mencegah tindakan melanggar hukum,” tutur Fitri.

“Dengan adanya patroli bersama ini menunjukan sinergitas dan kekompakan antara KPLP, Bea Cukai dan Polri yang telah terjalin baik selama ini dalam rangka pencegahan pelanggaran di laut dan tindakan penegakan hukum sekaligus juga meningkatkan pengawasan untuk keselamatan dan keamanan9 pelayaran,” tambah Fitri melalui Pesan WA kepada detik12  sabtu (11/6/2021).

Adapun KPLP mengirimkan kapal patrolinya dari pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) 1 kapaI dan 5 orang personil, sementara 1 kapal dari bea cukai dan 7 orang personil dipimpin oleh Aldiansyah Pria Ardani Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, serta 3 personil dari satpolairud polres Dumai dipimpin Kanit Gakum Sat polairud Iptu Aris marpaung.

“Sesuai tugas kami, kami akan terus melakukan patroli laut dan juga bersinergi dengan Bea Cukai dan Polairud dalam menegakan hukum di laut guna menciptakan keselamatan dan keamanan pelayaran dan juga untuk memperkuat pelaksanaan konsep unity of effort,” tutup Fitri.

Kegiatan patroli laut bersama adalah kegiatan yang dilaksanakan secara rutin antara KSOP, Bea Cukai dan Pol airud dan selalu dilaksanakan setiap minggu bersama demi menjaga keamanan laut.

Penulis : Armen kincai

Related posts