DUMAIRELIGI

Dari Lomba Tortor Tingkat SMA/SMK Se Kota Dumai Ditaja GMBD, SMA Santo Tarcisius Raih Juara Pertama

×

Dari Lomba Tortor Tingkat SMA/SMK Se Kota Dumai Ditaja GMBD, SMA Santo Tarcisius Raih Juara Pertama

Share this article

DUMAI, detik12.com – Generasi Muda Batak Dumai (GMBD) menggelar acara perlombaan Tortor tingkat SMA/SMK se Kota Dumai.

Ada 9 (sembilan) peserta dari tingkat SMA/SMK se Kota Dumai mengikuti kegiatan lomba tortor budaya Batak tersebut.

Dari 9 peserta lomba tortor ini, SMA Swasta Santo Tarcisius Dumai keluar sebagai pemenang juara I dalam ajang lomba tortor ini.

Kegiatan lomba tortor tersebut digelar di The Zuri Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Dumai, Minggu (10/9/2023).

Acara budaya tortor Batak yang digelar di hotel The Zuri berlangsung hikmad, meriah dan disambut antusias sejumlah warga khususnya etnis Batak Kota Dumai.

Lomba tortor Batak ini dilaksanakan dengan mengusung tema “Budaya Sebagai Pembentuk Karakter dan Pemersatu Genera Muda”.

Walikota Dumai, H Paisal SKM MARS, hadir dalam acara lomba Tortor Budaya Batak tingkat SMA/SMK se Kota Dumai itu.

Selain Walikota, unsur Forkopimda Kota Dumai, Ormas, OKP, organisasi kesukuan, tokoh masyarakat, tokoh adat dan para peserta lomba tortor yang diundang panitia acara tapak hadir mengisi undangan.

Sebelum acara lomba tortor dilangsungkan, panitia acara terlebih dahulu mengemas acara prosesi pelantikan kepengurusan Generasi Muda Batak Dumai (GMBD) masa tugas 2023-2026 dilantik oleh Walikota Dumai, Paisal SKM MARS.

Diketahui, jajaran GMBD sudah melakukan pemilihan kepengurusan GMBD masa bakti 2023-2026 dengan ketua terpilih Junjung Mangatas Simorangkir. Sehingga dalam acara tersebut juga digelar pelantikan kepengurusan tersebut.

Walikota Dumai H. Paisal, SKM MARS, dalam kata sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai mengapresiasi dan mendukung kegiatan perlombaan tortor yang diprakarsai dan dilaksanakan GMBD untuk melestarikan budaya suku Batak di Kota Dumai.

“Pemko Dumai sangat mensupport kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan suku budaya salah satunya budaya suku Batak di Kota Dumai,” ujar walikota.

Walikota Dumai menyampaikan, pelestarian budaya merupakan salah satu program yang sudah dicanangkan Pemko Dumai, oleh karenanya Pemko Dumai sangat mendukung kegiatan acara perlombaan budaya seperti ini.

“Tahun depan kita akan permanenkan setiap kegiatan-kegiatan perlombaan yang menampilkan budaya-budaya yang ada di Kota Dumai. Kita akan ajak perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Dumai untuk bekerjasama dalam melestarikan setiap suku budaya yang ada di Kota Dumai,” imbuh walikota.

Diakhir penyampaian kata sambutannya, Walikota Dumai mengucapkan selamat kepada Pengurus GMBD masa bakti 2023-2026 yang sudah dilantik.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus GMBD, Hermanto Sitorus, menyampaikan, Pengurus GMBD periode sebelumnya, telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan budaya di Kota Dumai.

“Pengurus sebelumnya telah banyak melaksanakan kegiatan sosial dan budaya untuk masyarakat di Kota Dumai dan semoga pengurus yang baru ini akan lebih banyak lagi melaksanakan program-program sosial dan budaya bagi masyarakat yang ada di Kota Dumai,” ucap Hermanto.

Sementara itu, Hermanto Sitorus juga berharap, lewat kegiatan lomba tortor budaya Batak yang ditaja GMBD bisa sebagai pembentuk karakter dan pemersatu generasi muda di Kota Dumai.

“Perlombaan ini merupakan bagian dari melestarikan budaya suku Batak dan untuk pembentuk karakter pemersatu generasi muda di Kota Dumai,” pungkas Hermanto.

Sementara itu, Ketua GMBD masa bakti 2023-2026, Junjung Mangatas Simorangkir, mengatakan, melestarikan budaya suku Batak merupakan visi dan misi GMBD, oleh karena itu, pengurus membuat program lomba Tortor tingkat SMA/SMK se-Kota Dumai yang dilaksakan hari ini.

“Kami berharap Lomba Tortor ini bisa menanamkan dalam diri peserta lomba untuk selalu menjaga dan melestarikan budaya suku Batak dan itu merupakan visi dan misi GMBD,” terangnya.

Ketua GMBD yang baru dilantik ini, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh panitia pelantikan yang sudah melaksanakan acara ini dengan baik.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih dari saya kepada seluruh panitia yang sudah berjerih lelah, berkorban waktu, tenaga dan materi untuk pelaksanaan pelantikan ini,” katanya dilansir dari PalapaNasional.com.

Junjung Mangatas Simorangkir berharap, GMBD akan selalu membangun sinergitas bersama Pemko Dumai dalam setiap program-program kegiatan ke depannya.

Dipenghujung acara tortor tersebut, tim penilai mengumumkan para peserta pemenang tortor tersebut.

Ini peserta sekolah yang menjadi pemenang dalam lomba Tortor tingkat SMA/SMK se-Kota Dumai ini yakni;

• Juara I : SMA Santo Tarsisius
dengan total nilai : 1163

• Juara II : SMA Negeri 1 Dumai
dengan total nilai : 1144

• Juara III : SMA YKPP
dengan total nilai : 1136

Juara IV : SMA Budi Dharma
dengan total nilai : 1125

• Juara V : SMK Budi Dharma
dengan total nilai : 1113.**

Kepada Seluruh Masyarakat, Jika memiliki informasi, dan menemukan kejadian/peristiwa penting, atau pelanggaran hukum, baik oleh warga atau pejabat pemerintah/lembaga/penegak hukum, silahkan mengirimkan informasi ke

Redaksi kami. Merupa narasi/tulisan, rekaman video/suara

ke No telepon/WA: 087839121212