DUMAILINGKUNGAN

Gubri Dan KKP Berlayar Di Perairan Dumai Hingga 30 Menit, Pastikan Laut Bersih Dari Sampah

×

Gubri Dan KKP Berlayar Di Perairan Dumai Hingga 30 Menit, Pastikan Laut Bersih Dari Sampah

Share this article

DUMAI, detik12.com – Untuk memastikan laut Dumai bersih dari sampah, Gubernur Riau, Syamsuar bersama Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Muhammad Yusuf, berlayar di laut Dumai selama 30 menit.

Rombongan Gubri dan KKP tersebut mengitari kawasan perairan laut Dumai pada hari Gerakan Nasional (Gernas) Bulan Cinta Laut, Sabtu (12/8/2023).

Pada perjalanannya, mereka mengecek kondisi perairan laut sembari mengajak nelayan setempat untuk melakukan aksi pungut sampah.

Dalam Gerakan Nasional (Gernas) Bulan Cinta Laut (BCL), Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, meninjau langsung perairan laut Dumai untuk mengecek penanganan sampah.

Gernas BCL merupakan upaya implementasi strategi Ekonomi Biru untuk menjaga ekologi dan kesehatan laut.

“Laut adalah sumber kehidupan, sumber kesejahteraan. Di sini ada sumber daya ikan yang menjadi konsumsi manusia. Maka itu, kita butuhkan ikan yang dikonsumsi masyarakat adalah ikan yang sehat,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, Gernas BCL diharapkan dapat menggerakkan stakeholder dan pihak yang memanfaatkan laut.

Ia menegaskan, agar tidak menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah, sebagai upaya menjaga biota laut.

“Kita tidak ingin biota laut punah disebabkan adanya pembuangan limbah ataupun sampah yang akan mengganggu kerusakan lingkungan yang ada di laut”, ujar Gubri.

Oleh karena itu, Gubri mengingatkan karena kita juga mengkonsumsi ikan-ikan di laut ini, jika sampah-sampah ini dibiarkan pada akhirnya akan mempengaruhi tubuh kita yang tidak sehat, jelas Gubri, dilansir dari GoRiau.com.

Orang nomor satu di Provinsi Riau itu berharap Gernas BCL bukan hanya menjadi kegiatan yang bersifat seremonial. Ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli terhadap penanganan sampah laut.

“Harapannya kegiatan yang dilakukan tidak hanya sekedar seremonial saja. Diharapkan dukungan seluruh komponen masyarakat. Kalau kita sayang dengan negeri ini, mari kita sayang juga dengan lingkungan. Baik lingkungan laut, lingkungan darat dan semua lingkungan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, tampak pula hadir mendampingi Gubri Syamsuar, plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Riau, Tengku Fauza Tambusai dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau, Mamun Murod, dan Kabid Informasi, Komunikasi, Publik, Diskominfotik Riau, Eriadi Fahmi Sei Gergaji. **