BeritaSIAK

Ikan Mati Di Sungai Siak Diduga Tercemar Limbah Perusahaan

×

Ikan Mati Di Sungai Siak Diduga Tercemar Limbah Perusahaan

Share this article

SIAK, detik12.com – Ikan mati di Sungai Siak sempat Viral dan beredar di Media sosial (Medsos). Dalam video viral, warga Tualang ramai-ramai menangguk ikan mati di Sungai Siak tersebut.

Dari foto yang beredar di medsos, terlihat para nelayan menangkap ikan mati menggunakan alat tangkap ikan berupa tangguk.

Namun hingga berita ini dilansir, belum diketahui penyebab banyaknya ikan mati di Sungai Siak itu. Namun penyebabnya diduga akibat tercemar limbah perusahaan.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Mamun Murod, dihubungi melalui Kepala Bidang PPKLHK, Embiarman mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas LHK Kabupaten Siak terkait informasi adanya dugaan pencemaran Sungai Siak di Kecamatan Tualang, Siak.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas LHK Kabupaten Siak terkait adanya pencemaran di Sungai Siak,” kata Embiarman, Kamis (20/7/2023) dikutip dari cakaplah.

Embiarman mengatakan, saat ini tim Dinas LHK Siak sudah turun ke lokasi menindaklanjuti laporan adanya dugaan pencemaran di Sungai Siak.

“Tim Dinas LHK Siak sekarang sedang cek ke lapangan terkait informasi itu dan kita sekarang masih menunggu hasilnya penyebab ikan mati di Tualang itu,” sebutnya.

Tim juga katanya tengah menelusuri dugaan sumber limbah.

“Jadi tim Dinas LHK Siak tengah mengidentifikasi sumber limbah dari mana. Tentu harus ditelusuri hulunya. Itu yang sedang diidentifikasi, dan kita tunggu hasilnya,” tegasnya.**