Itwil III Itwasum Audit Kinerja Polda Riau

  • Whatsapp

 

Read More

PEKANBARU, (DETIK12.com)- Auditor Kepolisian Utama TK II Itwasum melakukan audit kinerja Polda Riau, dimulai di aula Tribrata Mapolda Riau.

Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal langsung membuka taklimat awal audit kinerja Itwasum Polri ini.

Tim Auditor Kepolisian Utama TK II Itwasum tiba di Bumi Lancang Kuning dipimpin Polri Brigjen Rinto Jatmono, Konsultan BPKP, Wakapolda Riau Brigjen Tabana Bangun, para Pejabat Utama Polda dan para Kapolres sejajaran Polda Riau.

Pada momen audit ini Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal menyatakan kesiapannya berkolaborasi dan siap menerima semua arahan dari tim Itwasum Polri.

Perwira tinggi yang akrab disapa Bang Iqbal ini menjelaskan, audit adalah bagian dari sistem pengendalian intern (SPI), yang memiliki peran penting dalam menjamin pelaksanaan program dan anggaran dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Selanjutnya, pertanggungjawaban keuangan dapat terlaksana secara transparan dan akuntabel, serta kebijakan pimpinan terjabarkan sampai unit organisasi terdepan.

“Itwasda Polda Riau selaku APIP, telah berupaya mengoptimalkan peran dan fungsinya melalui kegiatan audit, baik audit kinerja yang terjadwal dalam program kerja,” akui Iqbal.

Jebolan Akpol 1991 ini menjelaskan, selama ini Itwasda telah bekerja berupaya memaksimalkan peran dan fungsinya melalkukan audit kinerja sesuai progrqm.

“Beberapa temuan sudah ditindaklanjuti, dalam rangka pelaksanaan program Prioritas Polri,” beber Bang Iqbalt.

Kemudian, lanjut Iqbal, tim Itwasum Polri sudah mengoptimalkan perannya melaksanakan kegiatan audit di jajarannya, dan pihaknya sudah melakukan asistensi serta penguatan pada 2 (dua) polres yang sudah mendapatkan zona integritas WBK, dan akan ditingkatkan menjadi WBBM.

Iqbal berharap pelaksanaan audit kinerja Itwasum ini, dijadikan sarana konsultasi dan mencari solusi dalam rangka membangun kapabilitas dan menjamin kualitas kinerja satkeydan Polres jajaran Polda Riau.

“Untuk kelancaran pelaksanaan tugas tim audit, saya perintahkan kepada masing-masing satker Polda dan satuan kewilayahan yang menjadi auditan, untuk membantu kelancaran tugas tim, dengan menyiapkan data dan informasi yang dibutuhkan oleh tim,” pesan Iqbal.

Terakhir kata Iqbal dari segi program prioritas Polri, Polda Riau berada pada peringkat 5 besar, dan juga telah melakukan komunikasi kepada tim pengawas eksternal l.

“Saya berharap bimbingan taktis dan teknis dari tim audit kimerja untuk pembanguan organisasi Polda Riau yang lebih baik,” tutup Iqbal.

Dihadapan Satker dan Polres jajaran Polda Riau, Irwasum Polri diwakilkan Brigjen Rinto Jatmono mengatakan, Polri Presisi sesuai tujuan Kapolri adalah tujuan Audit kinerja analisis yang independent dalam pengeleloaan anggaran setiap satker dalam menggunakan anggaran dengan baik yang harus selaras.

Lanjut Brigjen Rinto, salah satu prioritas Itwasum Polri adalah terlaksananya audit pada tahap I pada program perencanaan dan pengorganisasian dan tahap 2 dalam program pelaksanaan dan pengendalian termasuk pengelolaan anggaran sebaik mungkin.

Kemudian, proses Audit kinerja adalah sebagai salah satu cara mempertahankan opini dalam pengelolaan anggaran.

“Maka perlu dilakukan komunikasi yang baik dalam menindak lanjuti setiap permasalahan. Besar harapan kami agar para kepala satuan kerja (kasatker) mendukung penggunaan anggaran dengan baik dan benar,” kata Brigjen Rinto, menutup kesempatannya.***

Related posts