Kepala Balai Karantina Pertanian RI ; Kekuatan Sawitnya Riau Luar Biasa, Terluas Di Dunia, Ada Sekitar 3,4 Juta Hektar

  • Whatsapp

DUMAI, Detik12.com – Kepala Balai Karantina Pertanian Republik Indonesia, Ir Bambang, apresiasi Provinsi Riau karena Miliki lahan perkebunan kelapa sawit terluas di dunia.

Bambang menyampaikan, kekuatan sawit di Provinsi Riau luar biasa karena perkebunan sawit Provinsi Riau terluas di dunia.

Read More

Menurut Bambang, ada sekitar 3,4 juta hektar lahan sawit di Riau, karenanya dampak dari itu apabila harga dari sawit mengalami penurunan banyak masyarakat yang merasakannya karena banyak menggantungkan hidupnya disitu, itulah kenapa pentingnya diperhatikan pertanian di Riau.

“Riau ini kekuatan sawitnya luar biasa, terluas di dunia, ada sekitar 3,4 juta hektar lahan sawit di Riau. Dampak dari itu, apabila harga dari sawit mengalami penurunan banyak masyarakat yang merasakannya karena banyak menggantungkan hidupnya disitu. Itulah kenapa pentingnya diperhatikan pertanian disitu”, ujar Bambang.

Apresiasi yang disampaikan Kepala Balai Karantina Pertanian Republik Indonesia ini saat moments acara pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian oleh Kementerian Pertanian, di Dermaga C Pelabuhan Pelindo, Kota Dumai, Riau, hari ini, Senin (21/11/2022).

Acara ini turut dihadiri Forkopimda Dumai, Ketua Kadin, Perwakilan Bea Cukai dan Imigrasi, TNI dan Polri serta para perusahaan Eksportir sawit.

Disampaikan, bahwa Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian ini bernilai 3,7 Triliun tujuan untuk 35 negara dan pelepasannya ditandai dengan penekanan tombol sirine dengan dilanjut penyerahan sertifikat kepada Perusahaan Eksportir Sawit.

Ekspor Komoditas Pertanian tersebut lebih lanjut disebut bertujuan untuk mendorong produktivitas pertanian untuk memacu peningkatan ekspor guna mendukung pemulihan ekonomi nasional Indonesia.

Oleh karenanya, Bambang menjelaskan, bahwa Kementrian Pertanian selalu berupaya untuk meningkatkan nilai ekspor dari hasil sawit yang dimiliki oleh Provinsi Riau.

Dalam kesempatan acara pelepasan ekspor komoditi pertanian tersebut, Walikota Dumai H. Paisal SKM MARS, yang hadir langsung juga menyebutkan bahwa Kota Dumai mempunyai peluang untuk ekspor impor dan dibutuhkan tenaga ahli yang bisa mengkoordinir para petani lokal agar kegiatan ekspor bisa dimaksimalkan.

“Para petani untuk dirangkul dan harus ada tenaga ahlinya agar bisa mengkoordinir untuk ekspor impor dan ini harus segera digesa, banyak kawasan-kawasan yang bisa kita manfaatkan dan para petani lokal harus kita maksimalkan, karena Dumai merupakan Kota Pelabuhan yang terbaik di Sumatera maka untuk akses ekspor dan impor akan lebih mudah,” harap Walikota.

Sumber : Diskominfo Dumai

Related posts