BENGKALISHUKUMNEWS

Kodim 0303/Bengkalis Gagalkan Pengiriman 4 Kg Paket Sabu, Pasutri Diamankan

×

Kodim 0303/Bengkalis Gagalkan Pengiriman 4 Kg Paket Sabu, Pasutri Diamankan

Share this article

BENGKALIS, detik12.com – Kodim 0303/Bengkalis berhasil mengendus dan mengamankan dua orang pasangan suami istri (pasutri) jaringan peredaran narkotika jenis sabu sebanyak 4 kg.

Hasil pengembangan petugas Intel Kodim 0303 Bengkalis bekerjasama dengan pihak Bea dan Cukai Bengkalis, berhasil mengamankan pasutri inisial AF (39) dan DS (34) warga kelurahan Damon wilayah Paret Bangkong, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Diakui AF, bahwa paket mencurigakan berisi rambutan dan 4 bungkus narkotika jenis sabu dikirimnya menggunakan jasa travel dari Pulau Bengkalis menuju ke Pekanbaru.

Paket tersebut dinamakan petugas Kodim 0303 Bengkalis saat travel yang mengangkut sabu berada di pelabuhan Roll On Roll Off (Ro-Ro) Air Putih, Kecamatan Bengkalis – Riau.

Jajaran Intel Kodim 0303 Bengkalis berhasil menggagalkan dan mengamankan barang bukti sabu 4 kg dan pelaku diketahui saat dilakukan press release oleh Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik YH, didampingi Kapolres Bengkalis dan instansi terkait, Selasa (1/8/2023).

4 kantong plastik bermerek kemasan Teh China dengan berat (±) 4Kg terbukti berisikan sabu setelah di uji diserah-terimakan dari Kodim 0303 Bengkalis ke Satres Narkoba Polres Bengkalis.

“4 bungkus paket berkemasan teh china berisi sabu seberat (±) 4Kg dan 5 ikat rambutan tersebut kita serahkan ke Polres Bengkalis untuk diselidiki lebih lanjut. Terhadap saksi MH, pun dimintai keterangan lebih lanjut oleh pihak kepolisian,” ujar Dandim Endik.

Dijelaskan, pengiriman paket sabu diakui AF atas perintah AIM (DPO) dan rencananya bila (paket) telah tiba di Pekanbaru, akan diterima oleh tersangka ketiga berinisial AM (28). Dalam aksinya, pasutri tersebut dijanjikan upah Rp 20 juta dan diakui baru menerima Rp 17 juta.

Pasca mengamankan pasutri tersebut, selanjutnya petugas beranjak ke Kota Pekanbaru untuk memburu AM. Berkat informasi akurat, tersangka ketiga ini berhasil dibekuk dari dalam rumah di jalan Cendana, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

“Dari hasil interogasi, AM mengaku sebagai penerima 4 paket sabu yang dikirimkan tersangka I dan II bila tiba di Pekanbaru. Selanjutnya para tersangka yakni DS, AF, AM, ES dan NA kita amankan dan bawa ke Polres Bengkalis. Terhadap AIM, kami dan Bea Cukai masih lakukan pencarian di wilayah Pesisir Kecamatan Bantan, sampai saat ini masih terus dicari,” kata Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka dijerat dengan ketentuan Pasal 114 ayat (2) dan pasal 112 ayat (2) juncto pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau paling singkat 6 tahun penjara.**(rls)