Editor’s Pick

Kompolnas: Kegiatan Dit Polair Polda Riau Patut Dipuji dan Ditiru

×

Kompolnas: Kegiatan Dit Polair Polda Riau Patut Dipuji dan Ditiru

Share this article

detik12.com- JAKARTA – Kompolnas RI memuji kegiatan Polda Riau mengkampanyekan pemakaian masker kepada para nelayan di Kota Dumai untuk meminimalisir penularan Covid-19 dan melaksanakan patroli keamanan perairan.

“Kita mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Ditpolair Polda Riau terkait pembagian masker guna mendukung program Pemerintah dalam meminimalisir penularan covid 19 dengan mentaati protokol Kesehatan, hal tersebut patut ditiru dan dipuji, ” kata Komisioner Kompolnas RI, Dede Farhan Aulawi, melalui sambungan seluler, Minggu (26/7/2020).

Dilanjutkannya, kegiatan tersebut harus dilakukan berkelanjutan dan tak lupa pula ia berikan apresiasi kegiatan patroli keamanan perairan yang dilakukan Ditpolair Polda Riau.

Menurutnya perairan Indonesia yang sudah dinyatakan sebagai poros maritim dunia, membawa konsekuensi terhadap peningkatan lalu lintas di perairan baik untuk kapal barang maupun kapal orang. Peningkatan pengguna jasa moda transportasi perairan (laut, danau, sungai) ini di satu sisi sangat menggembirakan.

“Namun di sisi lain menuntut jaminan keamanan dan keselamatan perairan. Dalam konteks inilah Polair memiliki tanggung jawab yang besar dalam memainkan perannya sebagai penjaga keamanan dan keselamatan pelayaran,” ujarnya.

Sebelumnya kapal Patroli 1V-2001 Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Riau sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Desease 2019 atau COVID-19 kepada para nelayan di Kota Dumai, sekaligus menggelar patroli keamanan di perairan setempat, Minggu.

Kapten KP 1V-2001 Ditpolair Polda Riau Aiptu Aswanto mengatakan, sosialisasi di tengah nelayan ini mengangkat tema ‘Bijaklah Dalam Menangkap Ikan’ dengan fokus antisipasi COVID-19 agar nelayan lebih waspada terhadap keselamatan diri saat melaut dan konsisten menerapkan protokol kesehatan cegah penularan virus corona.

“Kami membagikan juga seratusan masker kain kepada masyarakat nelayan dalam sosialisasi ini, agar mereka terus menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan COVID-19,” kata Aiptu Aswanto di Pelabuhan Ikan Kota Dumai di Jalan Pattimura, Minggu.

Memasuki era penerapan hidup kebiasaan baru, Aswanto menilai upaya menekan penyebaran virus corona harus dilakukan secara bersama sama oleh semua pihak, termasuk nelayan tangkap ikan, agar senantiasa menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar.

Tujuan pembagian masker ini, lanjutnya, selain kampanyekan pemakaian masker di tempat umum, juga wujud kepedulian jajaran Ditpolair Polda Riau mendukung upaya Satgas COVID-19 mencegah bertambah kasus corona di Kota Dumai.

“Kita mengingatkan para nelayan untuk selalu menggunakan masker, cuci tangan dan agar selalu jaga jarak, kedepan sosialisasi protokol kesehatan akan terus ditingkatkan,” sebutnya.

Dalam pemberlakuan kebiasaan hidup baru, masyarakat nelayan diimbau untuk tetap bijak dalam menangkap ikan dan mengikuti ketentuan berlaku saat melaut dengan tidak menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang.

Dalam pemberlakuan kebiasaan hidup baru, masyarakat nelayan diimbau untuk tetap bijak dalam menangkap ikan dan mengikuti ketentuan berlaku saat melaut dengan tidak menggunakan alat tangkap ikan yang dilarang.

Kru KP 1V-2001 juga sosialisasikan upaya penjagaan hutan dan larangan membakar lahan kepada nelayan agar tidak memimbulkan kebakaran hutan yang sangat berdampak buruk terhadap lingkungan dan masyarakat.

Redaksi : Armen johar