BeritaLINGKUNGANPEKANBARU

Lahan Milik Polda Riau Terbakar

×

Lahan Milik Polda Riau Terbakar

Share this article

PEKANBARU, detik12.com – Lahan milik Kepolisian Daerah (Polda) Riau di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, mengalami kebakaran pada Selasa (8/8/2023).

Tim gabungan dari Manggala Agni Pekanbaru, TNI, dan Polri saat ini tengah berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di lahan milik Polda Riau tersebut.

Saat ini petugas sedang berusaha keras untuk memadamkan api di lahan gambut menggunakan mesin pompa air.

Lahan yang terbakar tampaknya terdiri dari semak dan ilalang yang tumbuh.

Di area tersebut, terdapat plang yang menunjukkan bahwa lahan tersebut merupakan milik Polda Riau.

Chaerul Parsaulian Ginting, Kepala Manggala Agni Daops Sumatera IV/Pekanbaru, menjelaskan bahwa timnya sedang berusaha memadamkan titik api Karhutla di lahan milik Polda Riau yang terbakar.

“Tim saat ini berupaya untuk memadamkan titik api Karhutla. Kami sedang berupaya untuk menghentikan penyebaran api agar tidak semakin meluas,” ujar Chaerul.

Chaerul menyatakan bahwa titik api Karhutla di lahan milik Polda Riau diketahui pada Senin (7/8/2023) sore.

Hingga hari ini, luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 2 hektare.

Proses pemadaman cukup sulit dilakukan akibat kondisi lahan yang berupa gambut.

“Kedalaman gambut mencapai 2 sampai 3 meter. Saat ini, api telah masuk ke dalam lapisan gambut, sehingga proses pemadaman memerlukan waktu yang cukup lama,” terang Chaerul.

Chaerul menambahkan bahwa saat ini api di permukaan telah berhasil dipadamkan.

“Upaya pemadaman saat ini difokuskan pada lapisan gambut,” tambah Chaerul.

Sementara itu, Irjen Muhammad Iqbal, Kapolda Riau, saat dihubungi membenarkan adanya kebakaran di lahan milik Polda Riau.

“Iya, kebakaran terjadi dua hari yang lalu. Api di permukaan lahan sudah berhasil dipadamkan. Saat ini, proses pendinginan masih berlangsung karena lahan gambut memerlukan waktu untuk menghilangkan asapnya,” kata Iqbal kepada media dilansir dari kupasberita, Rabu (9/8/2023).

Iqbal mengungkapkan, bahwa Kapolres Kampar, AKBP Ronald Sumadja, telah menuju lokasi kebakaran. Sementara itu, anggota Polsek Tapung dan Manggala Agni sudah berada di lokasi untuk memadamkan titik api.

Penyebab dari kebakaran Karhutla sedang diselidiki.

Dalam hal terpisah, Kapolsek Tapung, Kompol Ihut Manjalo Tua, menyatakan bahwa penyelidikan mengenai penyebab terbakarnya lahan milik Polda Riau masih sedang dilakukan.

“Kami masih dalam proses penyelidikan. Saat ini, kami sedang berusaha memadamkan bara api yang masih terdapat di dalam lapisan gambut,” ujarnya.

Ihut menambahkan bahwa tim dari Polsek Tapung bersama dengan Manggala Agni dan TNI sedang berupaya memadamkan kebakaran.

“Kami telah berhasil memadamkan api di permukaan. Namun, karena ini merupakan lahan gambut, masih terdapat asap yang keluar,” tambah Ihut.**