DUMAINEWS

Lama Terbengkalai, Ruas Jalan Datuk Laksamana Dumai Dibeton Rigid

×

Lama Terbengkalai, Ruas Jalan Datuk Laksamana Dumai Dibeton Rigid

Share this article

DUMAI, detik12.com – Ruas Jalan Datuk Laksamana, Kelurahan Dumai Kota, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai, saat ini sedang tahap pengerjaan pembetonan oleh kontraktor pelaksana PT Bangun Mitra Abadi (BMA).

Diketahui, bahwa Jalan Datuk Laksamana posisinya dua jalur, satu jalur sekitar 600 meter kondisinya lama terbengkalai dan tidak lagi difungsikan untuk lalu lintas kendaraan karena mengalami kerusakan.

Jalan Datuk Laksamana yang sedang proses pengerjaan pembetonan oleh PT BMA dikerjakan dengan produksi beton FS 45 Rigid Pavement, statusnya merupakan jalan nasional sehingga proyek peningkatan jalan Datuk Laksamana Dumai ini menyerap dana APBN.

Pembetonan sistem Rigid Pavement adalah merupakan perkerasan yang menggunakan semen sebagai bahan pengikatnya dan pelat beton tanpa tulangan diletakkan di atas tanah dasar.

Koordinator lapangan PPK Jalan Datuk Laksamana Kota Dumai dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Riau, Safbikis Toha, kepada Crew detik12.com, membenarkan sebagian ruas Jalan Datuk Laksamana Kota Dumai sedang proses perkerasan jalan beton atau Rigid Pavement.

Dihubungi lewat nomor WhatsAppnya, Jumat (21/7/2023), Safbikis Toha membenarkan, bahwa pekerjaan pembetonan Jalan Datuk Laksamana oleh kontraktor pelaksana akan dibeton dengan panjangnya sekitar 600 meter.

Sedangkan untuk tebal lantai kerja atau lean concrete (lc) disemen dengan 10 cm dengan variasi atau mengikuti elevasi jalan lama. Sementara ketebalan beton atau rigid yakni 30 centi meter.**