Pawai Apeksi Di Padang Di Ikuti Peserta Pawai Pemko Dumai

  • Whatsapp

DUMAI, Detik12.com – Pawai Apeksi ke XV tahun 2022 digelar di Padang turut di ikuti rombongan Pawai dari lingkungan Pemerintahan Kota Dumai, Selasa (9/8/2022).

Pawai Budaya Nusantara merupakan salah satu rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XV Tahun 2022 berlangsung semarak dan spektakuler.

Read More

Dinas Infokom Pemko Dumai menyampaikan, kegiatan Pawai Budaya Nusantara tersebut di ikuti lebih kurang 60 delegasi dari Pemerintah Kota se Indonesia, termasuk Pemerintah Kota (Pemko) Dumai turut menyukseskan Pawai Budaya Nusantara Apeksi 2022 sempena dengan HUT Kota Padang ke-353 tahun.

Ribuan masyarakat Kota Padang terlihat antusias melihat masing-masing delegasi menampilkan ragam corak budayanya. Tampak para pengunjung tumpah ruah di ruas Jalan Samudra, sekitar Pantai Purus, Kota Padang.

Satu persatu rombongan delegasi dari masing-masing kota melintas dihadapan para Pimpinan yang berada di atas panggung kehormatan yang berada di Jalan Samudra. Untuk urutan pawai budaya, Kota Dumai berada dibarisan nomor 37.

Adapun rombongan pawai dari Pemko Dumai yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Dumai, H. Yusrizal, S.Sos, M.Si, terdiri dari 30 orang pejabat Eselon II, III, dan para Camat lingkup Pemerintah Kota Dumai.

Para pria tampak mengenakan Pakaian Melayu Harian Teluk Belanga dan Baju Kurung bagi para wanitanya.

Pakaian melayu harian berwarna biru tua tersebut, untuk para pria dihiasi dengan kain samping tenunan songket khas melayu Riau, berpadu dengan tanjak kreasi. Sedangkan untuk para wanita memakai kerudung berwarna merah, tampak serasi dengan pakaian yang digunakan.

Asisten I Setdako Dumai, H. Yusrizal mengungkapkan, bahwa pembukaan pawai budaya nusantara Rakernas Apeksi 2022 Padang terlihat meriah, ditandai dengan pemukulan alat musik khas Minangkabau yaitu Talempong oleh Ketua Apeksi Bima Arya, Wali Kota Padang Hendri Septa selaku tuan rumah bersama pengurus wilayah Apeksi se-Indonesia.

“Luar biasa, pada saat pemukulan talempong, kembang api juga meluncur dan menghiasi langit malam Pantai Purus Kota Padang. Antusias para peserta dan semangat masyarakat yang hadir juga patut di apresiasi karena cukup antusias mengikuti jalannya acara Pawai Budaya Nusantara se Indonesia tersebut.

Editor    : Tambunan
Sumber : kominfo.dumai

Related posts