Pesta Bona Taon Keluarga Besar Punguan Silahisabungan Kota Dumai Berjalan Sukses

  • Whatsapp

DUMAI, Detik12.com – Pesta Bona Taon Syukuran Punguan Raja Silahisabungan Kota Dumai, Riau, tahun 2020 berjalan sukses, hikmad dan meriah.

Dalam Pesta bona taon sebagai ucapan syukur awal tahun yang digelar punguan (kumpulan) keluarga besar Raja Silahisabungan dan boru se Kota Dumai ini tampak dihadiri Eko Suharjo SE.

Read More

Acara pesta yang rutin digelar setiap tahunnya pada awal tahun yang disebut “Pesta Bona Taon” berlangsung di tempat Serba Guna Gedung Ompung Fresborn, di Jalan Pulau Mampu, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Minggu (9/2-2020).

Eko Suharjo SE, yang juga merupakan Wakil Walikota Dumai bersama Roni Bakkara juga sebagai anggota DPRD Dumai kehadirannya direspon dan disambut baik para anggota punguan dan panitia pesta.

Demikian pada sambutan Eko Suharjo SE atas kehadirannya pada acara pesta partangiangan bona taon itu diucapkannya banyak terimakasih dimana kehadirannya pada acara pesta merupakan bagian dari hubungan silaturahmi dan persaudaraannya.

Sementara itu, sebagaimana khas budaya dan adat komunitas Batak di kampung halaman (bona pasogit) maupun di tanah rantau, acara pesta bona taon tidak lepas dari sesi manortor, maka pada sesi manortor itu akan ada memberikan uang (olop-olop) dari para anggota punguan kepada peserta manortor sebagaimana hal yang dilakukan anggota punguan Silahisabungan Kota Dumai yang diaturkan giliran oleh panitia.

Pada sesi manortor tersebut, Eko Suharjo SE, Wakil Walikota Dumai itu pun turut serta beranjak dari bangkunya di gedung itu mengikuti para anggota punguan keluarga besar Raja Silahisabungan se Kota Dumai menggabarkan rasa kebersamaan, kedekatan dan persaudaraan Eko Suharjo kepada anggota keluarga besar Silahisabungan Kota Dumai.

Kegiatan acara pesta partangiangan/doa syukuran bona taon (awal tahun) Punguan Raja Silahisabungan dan boru se Kota Dumai seluruhnya dikemas dan dipersiapkan oleh panitia pesta diawali sesi acara Kebaktian bersama memanjatkan syukur dan doa di iringi musik/gondang Oppu Fresborn dengan personil musik Simatupang.

Kali ini dan yang pertama kalinya, panitia pesta syukuran bona taon tahun 2020 dilaksanakan oleh turpuk Loho Raja (Sihaloho). Hal ini merupakan hasil sepakat dan mufakat dari rapat anggota dan pengurus harian bahwa panitia pesta dimulai atau di awali dari turpuk Loho Raja (Sihaloho).

Dalam acara pesta partangiangan/kebaktian bona taon Punguan Raja Silahisabungan dan boru se Kota Dumai, Minggu 9 Februari 2020, dibungkus dengan pesan Khotbah “Marilah Kita Saling Memperhatikan Supaya Kita Saling Mendorong Dalam Kasih dan Dalam Pekerjaan Baik” Heber/Ibrani 10 ; 24.

Pesan khotbah yang disampaikan Pdt Donni P. Tambunan STh. MM, lebih menekankan agar seluruh anggota punguan Raja Silahisabungan Kota Dumai saling memperhatikan satu denga lainnnya dan saling mendorong dalam Kasih dan dalam pekerjaan baik.

Maka afiliasi dari dilakukannya pesta partangiangan bona taon Punguan Raja Silahisabungan Kota Dumai setiap tahunnya tidak sekedar ajang seremonial atau ajang acara nostalgia manortor gembira ria akan tetapi lebih kepada wujud Ucapan Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas berkat dan tuntunanNya selama satu tahun yang dilalui dalam keberlangsungan menjalani kehidupan dan aktivitas sehari-hari.

Dalam acara pests sykuran bona taon ini memang berjalan penuh hikmad dan suka cita para anggota punguan dimana acara pesta selain acara tortor itu, juga dibarengi tabur undian doorprize yang menyuguhkan berbagai jenis hadian, baik beberapa buah kipas angin, termos, ceret, baskom dan sejumlah hadiah menarik lainnya termasuk hadia utama satu unit Kulkas disediakan panitia yang dipimpin ketua panitia Ivan Haloho.

Sementara itu, sebelum memperkenalkan anggota baru yang tambah mengakhiri acara pesta bona taon tersebut aksi sosial yang lebih kepada aksi motivasi kepada anak-anak anggota punguan Silahisabungan dan boru se Kota Dumai dilakukan oleh panitia.

Dimana setiap anak anggota punguan yang berprestasi juara 1, 2 dan 3 disekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA sederajat diberikan hadiah uang dengan jumlah berpariasi oleh panitia.

Hadiah tersebut merupakan suatu bentuk motivasi kepada anak agar anak termotivasi lebih giat menekuni sekolah dan giat belajar guna menggapai nilai yang lebih baik atau memperoleh nilai ranking utama alias juara ** (Aston Tambunan)

Related posts