DUMAINEWS

PN Dumai Mulai Buka Sidang Tatap Muka

×

PN Dumai Mulai Buka Sidang Tatap Muka

Share this article

DUMAI, detik12.com – Pengadilan Negeri (PN) Dumai Kelas IA, hari ini, Senin 31 Juli 2023, sudah mulai melakukan sidang langsung tatap muka.

Pada acara sidang langsung tatap muka dibuka, maka para terdakwa dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Dumai dihadirkan langsung ke ruang sidang setelah lebih awal para terdakwa berada titik kumpul di ruang tahanan pengadilan menunggu giliran sidang.

Para terdakwa secara terpisah dan berbeda-beda perkara akan dibawa dari ruang tahanan pengadilan untuk memasuki acara ruangan sidang pidana secara terbuka baik sidang agenda pembacaan berkas dakwaan terdakwa, keterangan saksi, pemeriksaan terdakwa, tuntutan dari JPU maupun pembacaan putusan dari majelis hakim.

Dengan dihadirkannya terdakwa ke ruang sidang, maka majelis hakim maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan bertatap muka maupun berinteraksi langsung dengan terdakwa saat sidang di gelar.

Sebagaimana hari ini, Senin (31/7/2023), majelis hakim Abdul Wahab SH. MH sebagai hakim ketua, didampingi dua hakim anggota Alfarobi SH dan hakim Liberty Oktavianus Sitorus SH. MH, dibantu Panitera Pembantu (PP) Saryo Fernando Harianja SH MH, perdana menggelar sidang langsung tatap muka di ruang sidang Sri Bunga Tanjung PN Dumai Kelas IA.

Mengawali sidang offline atau sidang langsung tatap muka ini perkaranya baru memasuki agenda pemeriksaan saksi untuk empat terdakwa kasus pencurian dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Dumai, Roslina SH.

Perkara ini dibagi dua berkas terpisah, yakni perkara nomo : 215/Pi.B/2023/ PN. Dum dan perkara nomor: 216/Pid.B/2023/PN.Dum.

Sidang agenda mendengarkan keterangan saksi untuk empat terdakwa tersebut acaranya tidak begitu lama pemeriksaan saksi berlangsung.

Informasi diperoleh detik12.com di PN Dumai hari ini, sejumlah 36 orang terdakwa dengan berbagai kasus dan berkas terpisah akan disidangkan langsung giliran di ruang sidang secara tatap muka atau offline.

Artinya sejak hari ini, Senin 31 Juli 2023, sidang Virtua atau sidang Online sudah ditiadakan dan diganti menjadi sidang offline atau sidang langsung tatap muka.**