HUKUM

Polda Riau Beberkan Kronologis Kilang Dumai Meledak, Belum Tetapkan Tersangka

×

Polda Riau Beberkan Kronologis Kilang Dumai Meledak, Belum Tetapkan Tersangka

Share this article

RIAU, Detik12.com – Pihak kepolisian Polda Riau akhirnya mengungkap penyebab Kilang Dumai meledak. Selain itu, aparat tetap mendalami kasus jelang penetapan tersangka.

Dirreskrimum Polda Riau Kombes Pol Asep Darmawan menjelaskan, penyebab kebakaran kilang milik PT Pertamina tersebut akibat adanya kebocoran yang diduga akibat korosi pada pipa penyalur hidrogen.

Dalam proses kerjanya, pipa yang telah diisolasi dengan kalsium silikat seharusnya dikunci agar meminimalisir masuknya air.

“Sebab kalau tidak dibungkus dan kena air, maka diduga, menurut pernyataan ahli, korosi terjadi lebih cepat,” kata Asep, dilansir cakaplah, Selasa (23/5/2023).

Namun saat dilakukan inspeksi pada pipa tersebut pada Oktober lalu, pekerja tak menutup kembali pipa nomor 21624 sehingga air masuk dan menyebabkan korosi.

“Dari Oktober sampai April tidak ditutup kembali. Cukup lama. Itulah yang diduga kelalaiannya hingga mempercepat terjadinya korosi,” ujarnya.

Lanjutnya, hingga saat ini pihaknya telah meminta keterangan dari 24 saksi terkait kelalaian ini hingga menyebabkan meledaknya kilang minyak tersebut.

Terkait penetapan tersangka dalam kasus yang terjadi pada Sabtu (1/4/2023) lalu, pihaknya harus membahas dan mempelajari lebih jauh akan mekanisme pengerjaannya.

Pihaknya akan segera mengevaluasi pendalaman terhadap hasil temuan di lapangan.

“Ini sedang kita bahas siapa yang akan dijadikan tersangka. Entah dari pelaksana pekerjaan atau pemberi pekerjaan. Mekanisme dan sistematika tata caranya harus kita pelajari dulu,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, akibat kilang Dumai meledak, Sabtu (1/4/2023) sekitar pkl 22.15 Wib, selain menyebabkan sejumlah pekerja korban luka, juga banyak rumah warga, sekolah dan masjid rusak.**