PT SDS Sponsori “Rumah Pangkas Kita” Di Lubuk Gaung Dumai

  • Whatsapp

DUMAI, Detik12.com – PT Sari Dumai Sejati (SDS) di Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, mensponsori kegiatan pemuda setempat untuk membuka gerai “Rumah Pangkas Kita”.

Rumah Pangkas Kita yang disponsori  PT SDS Apical usai diresmikan, Rabu (23/9-2020) berjalan dengan baik dihadiri sejumlah pemuda setempat, tokoh masyarakat, pejabat dan instansi pemerintah setempat.

Humas PT SDS (Apical) Kamero Bangun, kepada awak media mengungkapkan, dibukanya Rumah Pangkas Kita merupakan salah satu bukti nyata bahwa program perberdayaan masyarakat dari program CSR PT Sari Dumai Sejati (Apical) disalurkan ke masyarakat dengan memberdayakan pemuda yang mempunyai talenta menjadi tukang pangkas.

Read More

Camat Sungai Sembilan diwakili Sekretarisnya Mutadi, secara resmi membuka “Rumah Pangkas Kita” tersebut dengan melakukan pemotongan pita bersama dengan perwakilan management PT SDS, Ahmad Syaefudin Yasykur.

Acara peresmian Rumah Pangkas Kita tersebut turut disaksikan para tokoh agama, perwakilan lurah Lubuk Gaung, Babinsa Lubuk Gaung, Ketua Pemuda RT 05, 06, 07, ketua LPMK Lubuk Gaung, Ketua  PAC Pemuda Pancasila Sungai Sembilan dan tamu undangan lainnya.

Namun sebelum pembukaan/peresmian Rumah Pangkas Kita dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan doa dari salah satu tokoh agama RT 07 oleh Imam Mahbub.

Kemudian dilanjut penyampaian kata sambutan dari management perusahaan PT SDS dalam hal ini disampaikan oleh Kamero Bangun selaku humas PT SDS Apical Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan,  Kota Dumai, Riau.

Menurut Kamero Bangun dalam kata sambutannya menyampaikan, bahwa konsep dari program Rumah Pangkas merupakan cerminan dari pepatah yang mengatakan “bila anda beri seseorang ikan maka anda memberinya makan untuk satu hari, tetapi bila anda mengajari seseorang itu memancing  maka anda akan memberinya makan seumur hidup”.

“Jadi fokus dari program ini tidak hanya sesaat tapi jauh ke depan, program ini sifatnya berkesinambungan. PT SDS sudah memfasilitasi  dua orang pemuda untuk mengikuti pelatihan menjadi tukang pangkas dan mereka dinyakatan sudah mampu maka selanjutnya perusahaan mempersiapkan fasilitas peralatan dan tempat usaha”, imbuh Kamero Bangun.

Disampaikan Kamero Bangun lebih lanjut dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam satu atau dua tahun ke depan diharapkan pemuda ini sudah bisa mandiri dan membuka usaha sendiri di tempat lain.

Pada kurun waktu yang sama kata Kamero berharap dan menghimbau agar mereka (pemuda yang sudah pandai pangkas) dapat melatih pemuda lain menjadi tukang pangkas baru.

“Rumah pangkas ini dinamakan rumah pangkas “KITA” karena ini merupakan milik kita bersama, usaha kita bersama dalam rangka pemberdayaan masyarakat khususnya para pemuda maka tumbuh kembangnya program ini ada di tangan kita”, pinta Kamero.

Disisi lain disampaikan Kamero Bangun dalam sambutannya. Dimana menurut Kamero Bangun, bahwa program Corporate Social Responsibility (CSR) PT SDS terus berkesinambungan diataranya yang sedang berjalan saat ini yakni pengembang biakan ternak kambing diawali pada tahun 2019 dengan jumlah penerima manfaat 4 (empat) orang dengan jumlah kambing 10 ekor.

“Saat ini ternak Kambing sudah berkembang dengan penerima manfaat mencapai 11 orang dengan jumlah kambing 52 ekor. Diharapkan dengan kegiatan seperti ini pada saatnya RT 05, 06 dan 07 pada saatnya akan swa-sembada kambing bahkan bisa menjual ke tempat lain”, imbuh Kamero Bangun memaparkan keberlangsungan CSR PT SDS tersebut.

Dalam kesempatan peresmian Rumah Pangkas tersebut, Sekretaris Camat Sungai Sembilan Kota Dumai, Mutadi, mewakili Camat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada PT Sari Dumai Sejati (Apical) yang sudah memberi perhatian kepada warga RT 05, 06, 07 lewat program CSR perusahaan, seperti  ternak kambing, tanam cabe, menjahit dan bantuan lainnya, ungkap Mutadi.

Sekretaris Camat (Sekcam) Mutadi,  juga menekankan betapa pentingnya kompetensi dalam persaingan yang ada saat ini. Kepada para pemuda Mutadi menghimbau untuk tetap meningkatkan kompetensi sebagai jaminan kemandirian di masa yang akan datang.

CSR perusahaan diwujudkan dalam program pemberdayaan masyarakat atau ada usulan dari masyarakat tetapi tidak dalam bentuk uang.

“Kepada pemuda yang sudah dilatih menjadi tukang pangkas agar tetap professional jaga kedisiplinan, pelayanan dan konsistensi jam buka tutup. Selama pandemic Covid 19 diharapkan kegiatan rumah pangkas mengikuti protokol Covid-19 dengan memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun”, ujar Mutadi menghimbau.

Sementara itu, Muhammad Hasanudin dari RT 05 dan Muhammad Zakki dari RT 06 selaku penerima manfaat CSR PT SDS mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada PT Sari Dumai Sejati yang sudah memberi fasilitas pelatihan, peralatan dan tempat usaha.

Pada kesempatan acara peresmian Rumah Pangkas Kita tersebut tampak dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara PT SDS selaku pemberi manfaat dengan penerima manfaat kemudian dilanjutkan dengan pangkas rambut perdana.

Para tamu undangan dengan senang hati pangkas perdana di Rumah Pangkas ‘KITA” yang hari itu dilakukan tampa dipungut uang pangkas alias gratis.

“Selama masa promosi pangkas di Rumah Pangkas “KITA” juga menyediakan hadiah kepada setiap orang yang pangkas berupa 1 bungkus mentega,” ujar penerima manfaat.

Acara peresmian rumah pangkas “KITA”  tersebut tampak berjalan sederhana dan berlangsung sukses dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid 19.

Dan acara peresmian tersebut tampak dihiasi beberapa papan bunga ucapan selamat dari stake holder PT SDS menandai kesuksesan acara itu.

Papan bunga diantaranya datang dari  Persatuan pemuda RT 06 Sukabumi, Koperasi Sukabumi Sejati (KSBS), Koperasi Keluarga Mandiri Sejahtera, CV. Perkasatama Tehnik Atan/ J. Lubis dan PAC Pemuda Pancasila Sungai Sembilan Ketua Ujang Key.

Penulis : Tambunan/rls

Related posts