KESEHATANLINGKUNGANNEWS

Rapat Tim Terpadu Penguatan Pencegahan Virus Corona Di Pelabuhan Dumai

×

Rapat Tim Terpadu Penguatan Pencegahan Virus Corona Di Pelabuhan Dumai

Share this article

DUMAI, Detik12.com – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai kembali mengelar rapat lintas sektor dengan instansi terkait guna penguatan antisipasi dan penagkalan wabah virus corona (Covid – 19) di Pelahuhan Dumai.

Rapat lintas sektor ini dilaksanakan di Kantor Syahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Dumai, Rabu (18/3-2020).

Dalam acara tersebut langsung dihadiri Kepala KSOP kelas I Dumai, Herwanto bersama jajarannya sebagai tuan rumah.

Sementara itu Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai, Efrizon, Kasi Pengendalian Resiko Lingkungan dan Kesehatan Lintas Wilayah, Abdi Candra, Staff Seksi Pengendalian Kekarantinaan Dan Surveilance Epidomologi Yuspinaldi tampak dalam rapat.

Demikian dari Indonesia National Shipowners Association (INSA), Herman Buchari, Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudhistira S.I.K MH dan perwakilan Dandim 0320 Dumai juga tampak hadir dalam rapat koordinasi itu.

Dalam rapat pertemuan ini, tampak sinergitas semua stakeholder dalam penguatan antisipasi virus corona (covid – 19) masuk ke Kota Dumai khususnya.

Dari hasil rapat tersebut dibentuk Tim terpadu untuk pencegahan wabah virus corona di Wilayah Pelabuhan Dumai, diantaranya, Tim Terpadu berlaku efektif ketika Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai menyatakan zona kuning untuk wilayah Dumai.

Sementara itu, SK yang terkait dengan pencegahan wabah virus corona yang sudah ada di instansi-instansi terkait tetap berlaku.

KKP Dumai menyiapkan posko suspect wabah korona yang berlaku efektif ketika Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)  Dumai menyatakan zona kuning untuk wilayah Dumai.

Karena itu seluruh Instansi dan stakeholder yang ada di wilayah Pelabuhan Dumai termasuk operator kapal agar mengutamakan kebersihan dan himbauan untuk menjaga personal hygiene serta kebersihan lingkungan.

Maka dalam temu rapat itu, Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai akan menyusun Standar Operasiaonal Prosedur (SOP) terkait pencegahan, penagkalan dan penanganan wabah virus corona.. ** (Tambunan)