Sinergikan Pengelolaan Depo Kontainer, PT Pelindo I Cabang Dumai Jalin Kerjasama Dengan BUMD

  • Whatsapp

DUMAI, Detik12.com – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Cabang Dumai terus berupaya menumbuhkembangkan sayap usaha bisnisnya dibidang kepelabuhanan dengan performa kemajuan dari tahun ke tahun.

Pengembangan dan kemajuan kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Persero Cabang Dumai tidak dapat dicapai begitu saja tanpa dukungan dan sinergitas antara perusahaan (Pelindo 1) dan para stakeholder terkait maupun pemerintah setempat.

Read More

Kemajuan dan sinergitas PT Pelindo 1 Cabang Dumai tersebut tidak berhenti disitu saja akan tetapi PT Pelindo 1 terus berupaya menjalin sinergitas dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Kota Dumai dalam pengelolaan kepelabuhanan demi kemajuan Pelindo 1 maupun daerah setempat.

Oleh karenanya, PT Pelindo 1 Cabang Dumai baru-baru ini telah melakukan perikatan kerjasama dalam bisnis dibidang kepelabuhanan khusus kerjasama pengelolaan Depo Kontainer di areal pelabuhan PT Pelindo 1 Cabang Dumai (bongkar muat Kontainer-red) dengan sistem menerapkan retribusi.

Perikatan kerjasama itu terjalin antara PT Pelindo 1 Cabang Dumai dengan dua perusahaan BUMD milik daerah Pemerintah Kota (Pemko) Dumai yakni PT Pembangunan Dumai dan PT Pelabuhan Dumai Berseri.

Perikatan kerjasama yang dijalin oleh PT Pelindo 1 Cabang Dumai dengan dua perusahaan daerah (BUMD) tersebut adalah tentang Rencana Pengelolaan Depo Kontainer di areal pelabuhan PT Pelindo 1 Cabang Dumai, hal itu dituangkan dalam perjanjian Nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU).

Perjanjian kerjasama sinergitas pengeloaan Depo Kontainer antara Pelindo 1 dengan dua perusahaan BUMD di Kota Dumai langsung ditandatangani General Manager (GM) PT Pelindo 1 Cabang Dumai, Jonedi Ramli, Pimpinan PT Pembangunan Dumai dan Pimpinan PT Pelabuhan Dumai Berseri.

Acara penandatangan nota kesepahaman perikatan kerjasama pengelolaan Depo Kontainer di areal pelabuhan Pelindo 1 Cabang Dumai tersebut berlangsung hari Jumat (6/11-2020) siang, bertempat di ruangan gedung Media Centre Pemko Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Walikota Dumai, Zulkifli AS dan juga disaksikan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Dumai, Zulfan Ismaini.

General Manger PT Pelindo 1 (Persero) Cabang Dumai, Jonedi Ramli, dalam kesempatan acara menjalin sinergitas dengan dua perusahaan BUMD tersebut mengatakan, kerjasama yang dijalin Pelindo 1 dengan BUMD Kota Dumai merupakan bentuk dari kepedulian bersama meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat Kota Dumai.

“Kita siap dan menyambut baik kerjasama ini selagi dapat saling menguntungkan antara Pelindo dan BUMD demi meningkatkan taraf hidup masyarakat Kota Dumai,” imbuh Jonedi Ramli.

Sementara itu, Walikota Dumai Zulkifli AS, tampak mengapresiasi pihak PT Pelindo 1 yang telah bersedia bersinergi dengan BUMD demi pembangunan dan memajukan Kota Dumai.

“Pemerintah Kota Dumai mengapresiasi PT Pelindo 1 Cabang Dumai yang membuka ruang untuk bersinergi dengan perusahaan daerah PT Pembangunan Dumai dan PT Pelabuhan Dumai Berseri,” ungkap Zulkifli AS, dalam temu menjalin sinergitas.

Walikota Dumai, Zulkifli AS pun berharap agar sinergitas kerjasama yang dijalin Pelindo 1 dengan BUMD Kota Dumai dapat terus berjalan seiring demi meningkatkan perekonomian di Kota Dumai yang merupakan kota Pelabuhan itu.

“Kita akui masih banyak kekurangan, namun kita berharap kerjasama ini dapat berjalan lancar demi meningkatkan ekonomi Masyarakat kita,” imbuh Zul AS menambahkan.

Ketua KADIN Kota Dumai, Zulfan Ismaini, dalam pertemuan acara itu berharap dengan terealisasi Depo kontainer yang ditargetkan dibangun awal tahun oleh Pelindo 1, maka pertumbuhan ekonomi di Kota Dumai akan lebih bagus.

“Kadin sebagai wadah ekonomi berdasarkan UU Nomor 1 tahun 1987 akan memaksimalkan fungsi dan perannya untuk menumbuhkembangkan potensi dan peluang ekonomi khususnya di Kota Dumai,” imbuh Zulfan.

Penulis : Tambunan

Related posts