RELIGI

Tarawih Pertama Ramadhan 1444 Hijriyah Digelar Di Masjid Dumai Islamic Center

×

Tarawih Pertama Ramadhan 1444 Hijriyah Digelar Di Masjid Dumai Islamic Center

Share this article

DUMAI, Detik12.com – Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengumumkan hasil Sidang Isbat Ramadan 1444 Hijriyah/2023 Masehi usai menggelar pemantauan hilal atau rukyatul hilal di 124 titik lokasi di seluruh Indonesia. Penentuan awal puasa pun telah ditetapkan, jatuh pada 23 Maret 2023.

Seluruh umat muslim menyambut dengan suka cita datangnya bulan agung yang penuh berkah tersebut.

Malam ini, Rabu (22/3/2023) umat muslim mulai melaksanakan Salat Tarawih perdana, termasuk di Kota Dumai. Salah satu masjid yang dipadati jamaah Salat Tarawih, yakni Masjid Dumai Islamic Center (DIC) yang baru saja soft opening beberapa waktu lalu.

Dalam pantauan, usai salat magrib sekitar pukul 19.00 WIB, warga Dumai dari seluruh penjuru terlihat mulai berdatangan ke DIC. Ribuan jemaah memadati masjid yang menjadi ikon dari Kota Dumai tersebut.

Masyarakat tampak sangat antusias melaksanakan shalat tarawih pertama beramaah. Sampai waktu shalat Isya tiba, masjid DIC sudah dipenuhi jamaah hingga Salat Tarawih digelar.

Sebab padatnya, mereka yang tak kebagian tempat salat di dalam masjid terpaksa salat di teras masjid.

Walau tidak kebagian tempat salat tarawih di dalam masjid, sebagian jamaah tetap merasa senang dan bersyukur karena bisa melakukan salat tarawih perdana di DIC.

“Saya senang bisa salat tarawih disini. Apalagi ini salat tarawih pertama dan perdana masjid yang megah ini. Tidak masalah meskipun tidak kebagian tempat di dalam masjid, disini juga tidak apa-apa,” ujar Dani warga Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat saat ditanyai Tim Peliput Kominfo Dumai seusai tarawih.

Jamaah lainnya, Kenda Guntara pemuda asal Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur merasakan nuansa berbeda ketika melaksanakan ibadah salat tarawih perdana di DIC.

“Jujur, salat tarawih perdana disini nuansanya berbeda sekali. Saya serasa nyaman dan suasananya seperti berada di Madinah.” tutur Kenda tersenyum.

Sebelum pelaksanaan Salat Tarawih, Wali Kota Dumai, H. Paisal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran ribuan jamaah di Masjid DIC.

“Kami merasa senang, Ramadan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kini kita dapat melaksanakan ibadah di masjid kebanggaan dan ikonnya Kota Dumai, yaitu Dumai Islamic Center,” ucapnya.

Lebih lanjut, Paisal mengungkapkan bahwa selama bulan Ramadan, akan disemarakkan dengan bazar dari UMKM yang ada di Kota Dumai.

“Selain bazar, tiap malam dan subuhnya akan diisi dengan tausiah yang akan disampaikan oleh penceramah baik dalam maupun luar daerah, Maka dari itu, kami menghimbau kepada segenap masyarakat untuk dapat memakmurkan masjid DIC,” pungkasnya.**