HUKUM

Terlibat Kasus Sabu, Oknum Petugas Rutan Kelas I Pekanbaru Di Sidang Etik

×

Terlibat Kasus Sabu, Oknum Petugas Rutan Kelas I Pekanbaru Di Sidang Etik

Share this article

PEKANBARU, Detik12.com – Majelis Kode Etik Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Riau, menggelar sidang terhadap 1 orang oknum petugas pemasyarakatan yang bertugas di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru, Riau.

Sidang itu dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau, Mulyadi, bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIB Pekanbaru, pada hari Selasa (30/5/2023) dirilis cakaplah.

“Satu orang terperiksa diduga melakukan pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku dengan inisial YNS atas penyalahgunaan narkoba saat ditangkap oleh Polresta Pekanbaru 22 September 2022 yang lalu dengan barang bukti narkotika jenis sabu seberat lebih dari 5 gram,” kata Mulyadi.

Terperiksa tersebut dinyatakan telah melanggar ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor M.HH.16.KP.05.02 tahun 2011 tentang Kode Etik Pegawai Pemasyarakatan.

Terperiksa terbukti bersalah melakukan pelanggaran, untuk itu terhadap terperiksa diberikan penjatuhan sanksi moral berupa membuat pernyataan secara terbuka menyatakan bersalah dan tidak akan mengulangi lagi oleh terperiksa dalam bentuk surat pernyataan yang ditujukan kepada atasan langsung dan atasan dari atasan langsung serta dibacakan saat apel pagi.

“Untuk sanksi administratif bagi para terperiksa diserahkan kepada Pembina Kepegawaian Kantor Wilayah untuk dilaksanakan pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri,” tutupnya.**