Wako Dumai Pimpin Rakor Optimalisasi Penerimaan Retribusi Daerah

  • Whatsapp

DUMAI, Detik12.com – Walikota Dumai, H. Paisal SKM, hari ini, Senin (15/3-2021), memimpin rapat tim koordinasi dalam mengoptimalisasi penerimaan daerah.

Rapat koordinasi (Rakor) tim antar lintas sektoral Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Dumai ini berlangsung di ruang rapat Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Dumai.

Read More

Rakor yang dilaksanakan bertujuan untuk mengoptimalkan pemasukan daerah atau sumber pendapatan daerah khususnya retribusi tempat parkir yang ada di Kota Dumai.

Dalam rakor tersebut disepakati akan dilakukan sistem metode baru yakni dengan sistem informasi retribusi parkir berbasis online menggunakan pembayaran non tunai atau menggunakan “Smart Card” yang akan terintegrasi ke rekening di Bank yang telah ditunjuk.

Retribusi parkir yang ada di Kota Dumai harus dioptimalkan dengan sistem yang baru, sehingga retribusi yang berasal dari pajak parkir ini bisa lebih optimal.

“Kita akan membuat sistem ini dari bawah. Kita harus benar-benar menyiapkan tim teknisnya untuk sistem ini. Jangan ada negosiasi-negosiasi ilegal nantinya”, ungkap Walikota Dumai, H. Paisal dalam rapat tersebut.

Paisal mengatakan tidak memungkiri saat awal pelaksanaan tidak tertutup kemungkinan akan ada problemanya sistem berbasis online atau “Smart Card” tersebut namun solusinya sudah harus kita persiapkan juga, jelasnya.

Adapun beberapa hasil dari kesimpulan rapat koordinasi tersebut yaitu menyiapkan prosedur retribusi parkir khusus diarahkan pada sistem non tunai.

Persiapan-persiapan infrastruktur serta aplikasinya hingga presentasi sistem aplikasi akan dilakukan 2 minggu dari sekarang.

“Kedepan akan disiapkan retribusi parkir khusus di lokasi Rawa Panjang, Bukit Timah dan layout mekanisme pemungutan retribusi parkir khusus non tunai di 3 pintu masuk Kota Dumai”, demikian disimpulkan hasil rakor tersebut.

Penulis  : Tambunan
Sumber : Wako Dumai

Related posts