DUMAILINGKUNGAN

Wako Dumai Teken MoU, Pengelolaan Dan Pengolahan Sampah Diserahkan Ke Pihak Kedua

×

Wako Dumai Teken MoU, Pengelolaan Dan Pengolahan Sampah Diserahkan Ke Pihak Kedua

Share this article

DUMAI, detik12.com – Pemerintah Kota Dumai resmi menjalin kerja sama dengan PT Berkah Tiga Brilian terkait pengelolaan dan pengolahan sumber daya sampah di Kota Dumai.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang pengelolaan dan pengolahan sampah dimaksud ditandatangani oleh Wali Kota (Wako) Dumai, H. Paisal (pihak pertama) dan Direktur PT Berkah Tiga Brilian, Mochamad Reza Ikhwanuddin (pihak kedua).

Penandatanganan MoU pengelolaan dan pengolahan sampah tersebut dilakukan di Sonaview Hotel Kota Dumai, Rabu (8/11/2023).

Nota kesepakatan yang ditandatangani antara kedua belah pihak disaksikan oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum dan Politik, Hermanto, S.Sos, M.Si, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai.

Walikota Dumai, Paisal SKM MARS, menyampaikan, penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut menjadi landasan bagi Pemko Dumai dan PT Berkah Tiga Brilian untuk saling sinergi dalam pengelolaan dan pengolahan sumber daya sampah di Kota Dumai.

“Kolaborasi dalam rangka optimalisasi program Khidmat Kebersihan di Kota Dumai ini, kami harapkan akan saling menguntungkan sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya,” ungkap H. Paisal dilansir diskominfo Dumai.

H. Paisal menjelaskan, bahwa persoalan terkait pengelolaan dan pengolahan sampah di Kota Dumai telah menunjukkan progres yang baik namun belum begitu maksimal.

“Pemerintah Kota Dumai terus berupaya melakukan berbagai hal dalam menyelesaikan masalah sampah. Kami optimis dengan kerja sama ini, dapat meminimalisir persoalan-persoalan yang kerap terjadi di lapangan,” tutur Walikota.

Sementara itu, Direktur PT Berkah Tiga Brilian, Mochamad Reza Ikhwanuddin, menyampaikan apresiasi kepada Pemko Dumai yang telah menjalin kerja sama terkait pengelolaan dan pengolahan sumber daya sampah.

“Melalui sinergi ini, kita berazam untuk mengubah sampah menjadi berkah. Ini menjadi salah satu langkah untuk kebaikan yang bisa dilakukan bersama-sama, selain untuk mengurangi timbunan sampah juga untuk memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat,” tuturnya.

Reza berharap, upaya yang dilakukan bersama ini nantinya membawa manfaat baik dari segi pengurangan, pengolahan dan pemanfaatan sampah di Dumai Kota Idaman.

“Insya Allah, sinergi ini akan membuka kesempatan kerja di sektor persampahan, menghasilkan nilai ekonomis dari sampah rumah tangga, serta membantu meningkatkan sektor pariwisata dari lingkungan yang bersih,” pungkas Mochamad Reza Ikhwanuddin.**