DUMAIUMUM

Walikota Dumai H Paisal Dilaporkan Di Mapolda Riau

×

Walikota Dumai H Paisal Dilaporkan Di Mapolda Riau

Share this article

Detik12.com- Wali Kota Dumai H. Paisal SKM resmi dilaporkan ke Polda Riau oleh tim kuasa hukum FAP-Tekal terkait dugaan ujaran kebencian dan Pencemaran nama baik Forum Aksi Perduli Tenaga kerja Lokal (FAP- Tekal). Selasa (20/11/2023).

Pelaporan itu dilakukan oleh ketua dan kuasa Hukum dan penanggung jawab forum tersebut. Nandar melaporkan Paisal SKM ke Polda atas dugaan pencemaran nama baik.

” Iya (kami laporkan Paisal) terkait ucapannya yang menyinggung kami, ia dengan terang terangan mengatakan kami Penyangak,” ujar Nandar Ngah kepada detik12.

Terkait adanya dugaan indikasi pidana yang menimpa FAP -Tekal, kuasa Hukum Sardo M Manulang SH MH Menyebutkan akan memantau perkembangan laporan kasus tersebut, hingga Hukum dan keadilan harus ditegakkan seadil adilnya.

” Iya benar kita sudah melaporkan Kasus ini ke Polda, dan untuk pasal pasalnya nanti kita kabarkan setelah adanya perkembangan, semoga saja dalam waktu dekat ini ada perkembangan, semoga bisa sampai ke LP. Dan menurut kita ini ada unsur pencemaran nama baik dan fitnah,” ujar Sardo.

“Setelah berkordinasi di SPKT Polda, Sementara mereka meminta kita membuat laporan tertulis, nah dari laporan tersebut kita tunggu aja pihak Reskrimum meneliti laporan kita,” tambah sardo



Ditambahkan Sardo, seharusnya sebagai pejabat publik Paisal tidak baik mengeluarkan kalimat seperti itu. Apalagi jabatannya di pilih oleh rakyat.

” Aneh ya, Dia kan dipilih rakyat Apalagi jabatannya Walikota, sangat disayangkan ada kalimat seperti itu keluar dari mulutnya,” terangnya.

Sardo berharap Polda Riau dan Polres Dumai lebih bersifat propesional, ketika ada laporan masyarakat agar menerimanya.

” Tidak boleh ada diskriminasi hukum terhadap masyarakat yang lemah. Artinya, jangan ada perbedaan karna ini pejabat atau tidak,” tuturnya.

Pada sisi lain, Ketua FAP-Tekal Ismunandar mengatakan ucapan Walikota Dumai yang menyebut FAP-Tekal sebagai “penyangak” sangat tidak pantas.

Menurutnya, ucapan tersebut tidak mencerminkan sikap seorang kepala daerah yang seharusnya menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

” Kita sudah siap menempuh jalur hukum, ucapan H Paisal ini tidak bisa didiamkan, jangan karna ia walikota bisa bicara seenaknya saja,” tegas nandar

“Alhamdulilah teman teman Pengacara di pekan baru menyokong dan turut terlibat mendampingi agar perkara ini dibawa keranah hukum, ” tambah Nandar.

Sebelumnya beredar video berdurasi 26 detik yang diduga berisi ucapan yang dinilai tidak senonoh oleh H Paisal, ia mengatakan didalam Video tersebut FAT Tekal “Penyangak” saat beberapa orang pekerja yang memperjuangkan haknya bermediasi bersama walikota Dumai di rumah dinasnya di Jalan Putri Tujuh.

Penulis : Armen