Editor’s PickKESEHATANRELIGIUMUM

Walikota Dumai Resmikan Pengaliran Air Minum

×

Walikota Dumai Resmikan Pengaliran Air Minum

Share this article

DUMAI, Detik12.com – Walikota Dumai, H Zulkifli AS, Rabu (28/10-2020) meresmikan telah dimulainya pengaliran air minum di Kota Dumai setelah proyek air minum Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) dikerjakan oleh perusahaan Adhi Karya.

Sistem proyek air minum di Kota Dumai merupakan Kerjasama Pemerintah Kota Dumai dengan Badan Usaha (KPBU). Pengaliran air minum yang diresmikan merupakan tahap pertama.

Peresmian dimulainya pengaliran SPAM Kota Dumai bertempat di Masjid Nurul Yaqin, Jalan Paus, Kota Dumai, Rabu (28/10-2020) saat bersamaan penyaluran bantuan kepada sejumlah warga dihadiri pihak perusahan Adhi Karya, PT Adharo, PT Tirta Dumai Persada dan pihak PDAM Pemko Dumai.

Juga turut dihadiri sejumlah pejabat Pemko Dumai, Camat dan Lurah se Kota Dumai, tokoh Agama maupun tokoh masyarakat.

Walikota Dumai dalam acara peresmian tersebut menyebut bersyukur atas keberhasilan dan kelancaran pembangunan SPAM KPBU sehingga pada akhirnya masyarakat Kota Dumai dapat menikmati air bersih yang telah lama didambakan.

“Saya ucapkan apresiasi dan banyak terima kasih ke pihak PT Adhi Karya dan PT Adharo yang telah mau berinvestasi ke Kota Dumai,” ujar Walikota.

Menurut Walikota Dumai, bahwa tahap pertama yang diresmikan adalah ber kapasitas 50 liter per detik (LPD) dapat mengaliri 4000 Sambungan Rumah (SR) di empat kelurahan saja.

Empat kelurahan yang akan dialiri air bersih dimaksud Walikota adalah Kelurahan STDI, Pangkalan Sesai, Rimba Sekampung, dan Dumai Kota.

Disampaikan Walikota Dumai, Pemerintah akan mengusahakan agar kapasitas 450 liter per detik dengan skema KPBU ini dapat terealisasi sehingga ke depannya seluruh rumah di Kota Dumai dapat menikmati air minum bersih.

“Kami terus menggesa kepada pihak pengelola, baik itu SPAM KPBU, NUWSP dan Durolis agar benar-benar bekerja optimal sehingga apa yang sudah diamanahkan kepada kita dapat sampai ke masyarakat,” kata Zul AS.

Diakui Walikota Dumai, Zulkifli AS, bahwa proyek air minum di Kota Dumai sempat terkendala beberapa waktu lalu mamun dengan berbagai upaya oleh semua pihak Pemko Dumai ketemu jodoh dengan PT Tirta Dumai Persada, PT Adhi Karya dan PT Adharo (KSO) untuk kembali mengerjakan pembangunan air bersih dengan sistem kerjasama KPBU yang sempat lama terkendala.

“Semoga dengan terdistribusinya air minum ke rumah-rumah warga yang kita resmikan penyalurannya hari ini dapat menjadikan Kota kita lebih baik dan semakin maju senantiasa dan sejahtera,” tandas Wako.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PT Adhi Karya, Arif Taufiqurrohman, kepada media menjelaskan, bahwa kapasitas layanan air saat ini dapat memompa mencapai 50 liter per detik yang bisa mengaliri hingga 4000 sambungan rumah.

“Insyaallah tahun depan akan meningkat, rencananya dimaksimalkan hingga 200 liter per detik dari total kapasitas 450 liter per detik. Mudah-mudahan dapat segera tercapai,” ungkap Arif.

Dijelaskan Arif Taufiqurrohman, air olahan pengalirannya diresmikan hari ini sudah lulus uji lab dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Depkes RI yaitu dengan PH 6,5 sampai 8,5 dan warna 15 ptco, sehingga layak dan aman untuk dikonsumsi masyarakat, tandasnya.

Peresmian dimulainya pengaliran SPAM tampak ditandai dengan pembukaan keran air pertama serta pemotongan tumpeng oleh Walikota Dumai, Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Dumai, Sekda Kota Dumai, Pimpinan dari PT Adhi Karya, PT Tirta Dumai Persada, PT Adharo, dan PDAM Tirta Dumai Bersemai.

Editor : Tambunan